Latar Belakang IORA

Latar Belakang

OR mulai berkembang sejak jaman perang dunia ke-2. OR digunakan untuk optimalkan logistik perang. Pada jaman sekarang ini OR banyak digunakan di berbagai disiplin ilmu dan sudah banyak berdiri komunitas OR di dunia.

Sedangkan di Indonesia sendiri sudah banyak kegiatan-kegiatan yang sudah diadakan sehubungan dengan OR ini, seperti: Interior (Internasional Seminar Operation Research), workshop-workshop beberapa perguruan tinggi dengan industri-industri, dan pertemuan lainnya. Dari semua ini hanya tinggal diwadahi dalam satu komunitas/organisasi, hal-hal diatas itulah yang melatarbelakangi kita mencetuskan untuk mendirikan organisasi OR di Indonesia.

IORA awal mulanya dirintis pada workshop in Operations Research and Optimization pada tanggal 4-6 Juli 2011 di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Padjajaran, kemudian dilakukan sosialisasi diantaranya ke Universitas Sumatera Utara, Universitas Lampung, Universitas Brawijaya Malang, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah mada, Unika Atma Jaya Jakarta, Universitas Bina Nusantara, Universitas Indonesia, Universitas Terbuka, Universitas Cendrawasih, Unika Widya mandala, Universitas Pakuan, Universitas Jenderal Soedirman, LAPAN, PT. UprightDecision, dan PT. Krakatau Steel.

Pada tanggal 04-7-2013 bertempat di Fakultas Tehnik Unika Atma Jaya Jakarta, diadakan pertemuan dengan para pelopor sekaligus membahas bentuk organisasi yang kemudian disetujui bahwa bentuknya adalah “asosiasi”. Ditempat yang sama pada pertemuan kedua tanggal 28-10-2013 disetujui nama asosiasi, yaitu: Indonesia Operations Research Association (IORA), diterjemahkan dalam bahasa Indonesia “Asosiasi Riset Operasi Indonesia (IORA), dengan Prof. Dr. H. Sudradjat Supian, M.Sc sebagai Ketua Asosiasi dengan alamat sekretariat di FMIPA Unpad.

Pada pertemuan berikutnya tanggal 28-02-2014 di Fakultas Matematika Institut Pertanian Bogor dibahas mengenai AD/ART serta pembentukan struktur organisasi. Pertemuan ini mengesahkan nama Asosiasi serta pengurus asosiasi.

Pada tanggal 04-04-2014 bertempat di Fakultas Matematika Universitas Terbuka, Jakarta, pengurus serta anggota IORA mengesahkan AD/ART yang secara kebetulan disepakati pada pukul 4.00 sore.

Pada  tanggal 25-08-2014 berdasarkan akte Notaris Nomor 42 dan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor: AHU-00439.60.10.2014, IORA merupakan suatu wadah yang menyediakan forum untuk Ilmuwan Riset Operasional serta untuk memperluas cakrawala melalui pertukaran pengetahuan dan penerapan teknik dari dalam dan luar negeri. Pada tanggal ini IORA terbentuk secara hukum.

Ada beberapa pertemuan dan akan selalu ada pertemuan berikutnya, namun pertemuan diatas merupakan peristiwa penting dan memiliki peranan, terima kasih atas waktu, tempat, materi, serta hidangan yang telah disediakan hingga akhirnya IORA dapat terbentuk, dan semoga asosiasi ini dapat menjalankan visi dan misinya.

-->